07 May 2010

Pesan Berpesan


Salam,

Saya menerima artikel ni melalui e-mail yang dikirim oleh Cik Evi, rasanya elok saya berkogsi dengan rakan-rakan cyber yang lain. Pesan berpesan untuk kebaikan bersama.

Nabi SAW bersabda, bermaksud:

'Tiga hal yang merupakan sumber segala dosa,
1.Berhati-hati terhadap keangkuhan, karena keangkuhan menjadikan iblis enggan bersujud kepada Adam,.
2.Berhati-hati terhadap tamak (rakus), karena ketamakkan menghantar Adam memakan buah terlarang,
3.Berhati-hatilah terhadap iri hati, karena kedua anak Adam (Qabil dan Habil) salah seorang di antaranya membunuh saudaranya akibat dorongan iri hati."
(HR Ibn Asakir melalui Ibn Mas'ud).


Ingat:

1. Jiwa manusia diliputi oleh sifat takabur pada saat kita memiliki kelebihan, baik berupa ilmu pengetahuan, harta benda, ataupun pangkat. Dalam keadaan seperti ini, syaitan tidak akan tinggal diam, dia akan membisikkan dan memasang perangkap untuk menjerumuskan manusia dengan melakukan tindakan yang tidak terpuji. Seperti, mencela, menghina, dan merendahkan orang lain.

2. Sifat tamak (rakus) manusia dalam mempertahankan apa yang sedang dalam genggamannya, baik berupa harta, kekuasaan, ataupun kedudukan. Takut apa yang dimiliki terlepas ketangan orang lain. Ia tidak pernah merasa cukup dan tidak pernah bersyukur atas apa yang diperolehnya.

3. Hasad dengki dan iri hati (ini sinonim dengan sifat orang Melayu kita, dan semakin menjadi2 sejak kebelakangan ini)
Dengki atau iri hati adalah perasaan tidak rela atau tidak suka melihat orang lain mendapatkan kebaikan atau kenikmatan. Orang begini tidak senang melihat orang lain berjaya, pintar, hidup bahagia,disukai ramai, lebih gaya dan lebih kaya darinya. Hasad dengki menghapuskan kebaikan yang pernah kita lakukan.


Rasulullah SAW selalu mengingatkan kepada kita untuk menjauhi tiga hal(TAKKABUR, TAMAK dan DENGKI /IRI HATI) yang menyebabkan manusia terjerumus dalam tipu daya syaitan ini.

No comments:

Post a Comment